Wuling Dengan ADAS Menjadikan Mobil Aman Dan Nyaman Dikendarai Di jalan

0
442

otomampir.com – Almaz RS yang masuk katagori SUV dibekali beragam teknologi terkini. Mulai dari perintah suara berbahasa Indonesia pertama yang terwujud dalam Wuling Indonesian Command (WIND), hingga inovasi WISE yang terdiri dari Advanced Driving Assistant System (ADAS) dan Internet of Vehicle (IoV)

ADAS merupakan inovasi yang diterpasang pada Almaz RS untuk membantu pengemudi agar lebih nyaman dan aman saat berkendara. Teknologi yang dipergunakan ADAS adalah sistem radar dan kamera untuk membaca obyek di depan mobil dan marka jalan yang dilalui. ADAS memiliki 12 fitur terdiri dari Adaptive Cruise Control (ACC), Bend Cruise Control (BCC), Lane Keeping Assist (LKA), Lane Departure Warning (LDW), Traffic Jam Assistance (TJA), sampai dengan Intelligent Cruise Assistance (ICA). Adaptive Cruise Control (ACC): Fitur ACC bekerja secata otomastis menyesuaikan kecepatan Almaz RS dengan laju Kendaraan di depannya.  Adanya fitur ini jarak Aman kendaraan akan tetap terjaga. Jadi saat mobil di depan bergerak maju, secara otomatis pula mobil Almaz RS mengikuti mobil di depannya, tanpa harus menakan pedal gas. Pengemudi hanya bertugas mengendali arah mobil melalui stir. Begitu mobil di depan mengerem (melambat), secara otomatis pula mobil Almaz RS akan mengerem (melambat), tanpa pengemudi harus menginjak pedal rem.   Bend Cruise Assistance (BCA): Kecepatan laju Almaz RS akan berkurang secara otomatis ketika hendak melalui jalan berbelok, sehingga dengan adanya fitur BCA mengurangi resiko mobil tergelincir.

Lane Departure Warning (LDW): Fitur LDW dapat mendeteksi apabila kendaraan secara mendadak keluar dari lajur seharusnya dan memberikan peringatan kepada pengemudi. Peringatan tersebut bisa berupa getaran pada stir atau berupa gambar visual di instrument cluster.

Lane Keeping Assistance (LKA): LKA membantu LDW untuk mengoreksi arah kendaraan agar kembali ke lajur yang benar dan aman.

Safe Distance & Braking Assistance yang dibekali Safe Distance Warning (SDW): Memberikan peringatan ketika kendaraan di depan berada di bawah jarak aman. Dan fitur ini juga bisa memperlambat laju kendaraan sehingga menghindari tabrak belakang. Forward Collision Warning (FCW): Mendeteksi adanya potensi tabrakan depan. Pengemudi Almaz RS akan mendapatkan tanda peringatan berupa suara, dan tampilan visual. Bahkan berkat fitur ini mobil dapat melakukan pengereman secara mendadak.

Automatic Emergency Braking (AEB) : Fitur AEB berfungsi untuk melakukan pengereman sangat kuat secara otomatis, apabila pengemudi tidak merespons tanda peringatan bahaya tabrak depan yang terdeteksi oleh radar.

Intelligent Hydraulic Braking Assistance (IHBA): Untuk memperkuat gaya pengereman jika pengemudi tak mencukupi saat menginjak peda rem.

Collision Mitigation System (CMS): Apabila terlibat kecelakaan dengan kecepatan tinggi, fitur CMS berfungsi mengurangi laju kendaraan setelah terlibat tabrakan guna meminimalisir keparahan cedera pengemudi dan penumpang serta kerusakan kendaraan.

Intelligent Head Beam Assistance (IHMA) : Fitur satu ini akan mengatur perubahan lampu dekat dan lampu jauh apabila Almaz RS berhadapan dengan kendaraan lain yang datang dari arah berlawanan. Intelligent Cruise Assistance (ICA) dan Traffic Jam Assistance (TJA) : System kerja TJA hampir mirip dengan ACC. Jadi saat mobil di depan berhenti mendadak, secara otomatis pula mobil Almaz RS akan  berhenti secara mendadak. Setelah mobil di depan bergerak maju, mobil Almaz RS akan bergerak pula mengikuti mobil tersebut. Perlu diingat!!! berhentinya mobil hanya berfungsi dalam waktu 5 detik. Setelah 5 detik system rem mobil tidak berfungsi lagi, jadi pengemudi harus mengerem secara manual. Untuk mengaktifkan TJA kembali pengemudi tinggal menekan kembali tombol Cruise control nya. Dengan adanya fitur ADAS dan transmisi matik CVT mengendarai Almaz RS semakin nyaman dan menyenangkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here