GR Supra Garang Tapi Mudah Dikendalikan Dan Nyaman

0
480

otomampir.com – GR Supra terlihat begitu klasik dan aerodinamis. Ciri khas Supra yang secara turun temurun diwariskan  adalah kap mesin yang dibuat panjangnya. Desain bagian atas buat model double bubble unik  berfungsi untuk mengalirkan udara ke spoiler belakang. Spoiler belakang model duck-tail memberi tambahan gaya tekan dan berfungsi juga untuk membuang udara lebih jauh agar tidak terjadi turbolensi. Salah satu kunci untuk menjaga mobil tetap stabil dan mudah di kontrol saat dipacu adalah pembagian bobot . Nah pada GR Supra ini pembagian bobot (distribusi bobot) sudah mendekati 50:50.  Untuk mendapatkan  distribusi bobot bisa merata (50:50), Toyota mengakali dengan cara memundurkan posisi mesin GR Supra sebanyak 50 mm, sehingga posisi mesin berada di belakang as roda depan.

GR Supra menggunakan mesin 3.000 cc 6-silinder segaris. Mesin ini dilengkapi Twin scroll Turbocharger dan mampu menghasilkan tenaga 340 PS direntang putaran 5.000-6.500 rpm.  Torsi 500 Nm didapat direntang putaran 1.600-4.500 rpm. GR Supra menggunakan  transmisi 8-speed Sport Automatic dengan rasio gigi rapat  sehingga sangat agresif saat di pacu. Mode berkendara nya mempunyai pilihan 2 pilihan mode yaitu Normal dan Sport. Penggunaan mode ini akan mempengaruhi  4 area yang diatur secara bersamaan, yakni respons suspensi, mesin, transmisi, dan kemudi.

Pada mode Sport diaktifkan, maka Redaman suspensi dibuat lebih kaku, stir  terasa berat ketika diputar dan respons mesin juga semakin  bertenaga dan  Perpindahan gigi transmisi berlangsung di putaran mesin lebih tinggi.  Sehingga sensasi berkendara ala mobil balap teras sekali.

Pembuktian untuk mengetahui spesikasi dan fitur yang ada di GR Supra Toyota mengadakan test drive di kawasan BSD. Saat saya mengemudikan GR Supra tenaga mesin yang disemburkan dari mesin 3.000 cc tersebut terasa sangat bertenaga. Mobil dengan mudahnya mendapat akselerasi yang begitu cepat. Ditambah lagi dengan Twin scroll Turbocharger terasa sekali tidak ada jedah tenaga mesin yang hilang. Kemudahan mengendalikan mobil ini selain dilengkapi dengan transmisi matic 8 percepatan, pada roda belakang GR Supra ini dipasangkan LSD (Limited Slip Differential ) yang dikontrol secara elektronik. Dengan LSD pembagian traksi roda kanan dan kiri mulai dari 0 smp 100%. Pengujian LSD bisa sampai 100%  membuat mobil sangat agresif di jalan. Terasa sekali saat saya  menekan pedal gas mobil begitu agresif, sehingga untuk memutari cone mobil dengan mudahnya berputar-putar.

Untuk mengurangi bobot mobil dan menambah center of gravity, maka  pada kap mesin, pintu dan  sistem suspensi depan dibuat menggunakan bahan alumunium yang sekaligus  meningkatkan kekakuan sasis (rigid). Saat Saya memasuki ruang kabin dan duduk di jok model bucket, terasa sekali nuasan mobil sport yang begitu kuat.   Walau pun duduk  di GR supra terasa “tenggelam”  tetapi pandangan kedepan tetap lapang dan nyaman.  Pada dasbor terdapat monitor 8.8 inch terlihat sangat simpel dan mudah dipahami. Tampilan meter-cluster semi digital juga memberikan kemudahan dalam membaca informasi yang ditampilkan. Walaupun mobil sport  ruang kabin mobil ini terpasang 10 unit speaker. Mampirrr

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here