Datsun Meluncurkan Compact CROSS-OVER

0
939

otomampir.com – Datsun melakukan World Premiere mobil compact cross-over serbaguna, Datsun CROSS, di Jakarta. Mobil ini memiliki tampilan depan yang sangat individual dan khas. Honeycomb grille dibuat dengan desain yang lebih tegak untuk memberikan tampilan yang lebih agresif dan menekankan garis kap mesin yang lebih tinggi.

Lampu depan model proyektor dengan bentuk Mata Elang dipadukan dengan lampu sein dan daytime running lamps. Lampu ini juga dapat menyela secara otomasti saat kondisi gelap, melewati terowongan atau parkir di basement. Datsun CROSS dilengkapi juga dengan lampu “follow me home” dimana saat kunci kontak dimatikan, maka lampu tetap menyela beberapa detik, sehingga pengguna mobil bisa lebih aman melihat kondisi sekitar, misal di dalam garasi.

Hal penting lainnya yang menonjol dari Datsun CROSS adalah ground clearance yang memiliki tinggi, 200 mm, membuat mobil ini mampu melewati beragam kondisi jalan. Di bagian depan dan belakang terdapat skid plate yang berada di bagian bawah bodi mobil, terpasang memanjang dan membentuk bagian bumper. Sementara cladding yang terpasang pada sisi bodi mobil, melindungi bodi mobil dari kerusakan yang mungkin terjadi karena lumpur atau pecahan batu.

Keselamatan merupakan faktor penting sebab itu Croos dilengkapi Vehicle Dynamic Control (VDC) yang sudah menjadi standar disemua varian. VDC dikendalikan oleh komputer dan sensor yang ada di dalam mobil. Fitur-fitur VDC memiliki anti-lock brakes (ABS), electronic brake distribution with brake assist (EBD with BA), traction control (TCS) dan brake-limited slip differential (B-LSD).

Desain interiornya menawarkan kombinasi nuansa sporty dan keheningan yang mewah. Tampilan dinamis tampak pada panel instrumen dan center console yang multi-fungsi, memberikan informasi yang mudah dibaca. Sedangkan di tengah dashboard terdapat layar monitor berwarna yang terintegrasi. Ruang kabin kini lebih senyap begitu pula vibration and harshness berada pada level minimum.


Datsun CROSS menggunakan mesin bensin berkapasitas 1,200 cc DOHC 3 silinder segaris. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 68 PS pada 5.000 rpm, torsi 104 Nm pada 4.000 rpm untuk yang menggunakan transmisi manual. Untuk transmisi CVT tenaga nya 78 PS pada 6.000 rpm dengan torsi 104 Nm pada 4.400 rpm.

CROSS dengan sistem penggerak roda depan, dilengkapi dengan sistem suspensi McPherson strut dan per spiral di roda depan, suspensi belakangnya torsion beam dengan per spiral.

Datsun CROSS dijual mulai dari harga Rp163 juta, menawarkan tujuh warna, dua warna metalik baru; Amber dan Copper. Warna lain yang tersedia adalah dua warna solid putih dan hitam dan tiga warna metalik lainnya: abu-abu, merah dan silver. (Arm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here