All New Honda Civic RS Makin Agresif dan Nyaman

0
1357

otomampir.com – All New Honda Civic RS yang diluncurkan pada 28 Oktober 2021 lalu, memiliki tampilan yang jauh berbeda dengan sebelumnya. Dimana tampilan lebih sporty, dilengkapi fitur-fitur terkini dan dilengkapi dengan teknologi keselematan pintar Honda SENSING. All New Honda Civic RS mengusung mesin yang telah mengalami pembaharuan dengan 1.5 liter DOHC VTEC Turbo sehingga menghasilkan tenaga maksimum yang lebih besar, 178 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 240 Nm pada 4.500 rpm, terbesar di kelasnya. Untuk membuktikan berbagai keunggulan All New Civic RS ini, HPM mengajak media untuk melakukan test drive. Awal Pengujian media di arah untuk menuju BSD lewat jalan Tol. Di Jalan Tol saya merasakan kemantapan mengendrai All New Civic RS, dimana: Saat saya kick down pedal gas, saya merasakan akslerasi sangat responsif. Mesin yang berkapasitas 1.500 cc yang mampu menghasilkan tenaga 178 Ps dan torsi 240 Nm, benar-benar memberikan dukungan tenaga yang penuh saat saya kick down pedal gas nya. Di tambah dengan Turbocharger menjadikan mesin bertenaga disetiap putarannya. Transmisi yang dipergunakan All New Civic RS menggunakan CVT dan memiliki performa yang baik. Kerja CVT yang mampu menyalurkan putaran ke rodanya sangat responsif dan perubahan pengaturan perbandingan puli juga sangat rapat sehingga menghasilkan akselarsi yang sangat cepat. Untuk merasakan sensasi berkendara ala mobi sport, mobil ini juga dilengkapi dengan sistem perpindahan gigi model pedal shift. Sedangkan untuk menambah performa mobil lebih agresif, All New Civic RS ini dilengkapi juga dengan fitur SPORT Mode. All New Civic RS didukung pula dengan suspensi depan model MacPherson Strut dan belakang Multy link. Memberikan dudukan yang baik dalam pergerakan bodi mobil di berbagai kondisi jalan. Di jalan yang bergelombang mobil terasa tidak mudah limbung. Begitu pula di belokan dengan kecepatan 80 km/jam saat saya duduk di belakang, saya merasakan mobil minim bouncing dan yaw.

Ada sesuatu yang menurut saya sangat baik, sehingga tidak mengganggu konsentrasi saat saya mengemudikan mobil tersebut. Yaitu tombol pengantar AC dan volume audio dibuat model tombol putar. Keuntungan dengan tombol model putar adalah memudahkan pengemudi untuk mengatur AC dan ergonomis. sehingga pengemudi tidak perlu lagi melihat secara terus menerus seperti model digital. Positifnya pengemudi bisa tetap melihat ke depan dengan baik. Begitu pula untuk mengatur hembusan udara diingin, All New Civic RS menggunakan model Joystick. Ini mempermudah untuk mengarahkan hembusan udara dingin kesegala arah. Pengaturan posisi duduk juga sangat baik. Karena Jok pengemudi yang dapat diatur elektrik, ditambah dengan stir model tilt steering dan telescopic, memudahkan pengemudi untuk mengatur posisi duduk yang nyaman dan ergonomis. Begitu pula stir yang dilengkapi dengan electric power steering memberikan kenyamanan berkendara dan pergerakan stir juga sangat responsif

All New Honda Civic RS juga telah dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan berstandar tinggi seperti Honda SENSING. meliputi; Collision Mitigation Brake System (CMBS), Lane Keeping Assist System (LKAS), Road Departure Mitigation System (RDM), Adaptive Cruise Control (ACC) with Low Speed Follow, Auto-High Beam, serta Lead Car Departure Notification System (LCDN).

Salah satu fitur keselamatan yang sempat saya coba adalah fitur  Honda LaneWatch yang memberikan pengemudi pandangan yang lebih luas dari area blind spot. Jadi saat kita akan berbelok ke kiri atau pindah lajur. Seperti dari lajur kanan ke lajur kiri, maka saat kita mengaktifkan lampu sein ke kiri, maka secara otomatis monitor (layar) 10 inci yang ada di tengah dasbor akan menampilkan gambar situasi di sebelah kiri mobil. Penampilan situasi pada monitor sangat membantu pengemudi untuk menggerak mobil ke kiri dengan aman dan nyaman. Luas atau lebarnya situasi di sisi kiri mobil  yang diinfomasikan ke monitor. Ini disebabkan All New Civic RS menggunakan Multi Angle Camera. Fitur  Lead Car Departure Notification (LCDN) juga sempat saya coba. Jadi saat kita berhenti dibelakang mobil depan atau sedang menganteri di lampu merah . Maka saat mobil depan bergerak dan kita tidak sedang melihat kedepan maka fitur (LCDN) ini akan  memberikan peringatan melalui layar di meter cluter dan sinyal suara, sehingga pengemudi bisa bergegas untuk  melajukan (menggerakan) mobilnya lagi. Cerdas…

All New Honda Civic RS menawarkan 4 pilihan warna, yaitu Ignite Red Metallic, Meteoroid Gray Metallic, Crystal Black Pearl, dan Platinum White Pearl yang dijual dengan harga Rp 567.000.000,-. Harga yang tertera adalah harga untuk on the road wilayah Jabodetabek dan juga BBN Mobil Pertama tahun 2021. Mampirrr.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here