Road Test Toyota New Yaris TRD

0
1108

Tersedia fitur peddal shift layaknya seperti mengendarai mobil sport sungguhan.

otomampir.com – Toyota membuka awal tahun 2018 ini dengan meluncurkan New Yaris yang hadir dengan mengedepankan semangat emotional design pada eksterior dan interior, menjadikan New Yaris tampil kian sporty dan lebih stylish. Selain itu, New Yaris hadir dengan fitur safety yang semakin. New Yaris hadir 3 grade, yaitu TRD Sportivo, G, dan E masing-masing dengan transmisi otomatis (CVT) dan Manual 5-speed (MT).


Kesan sporty diperlihatkan dari tampilan depan dimana front grille, menyatu dengan lampu utama. Lampu DRL(Daytime-Running Lights) yang menyatu apik dengan grille menjadikan tampilan semakin berkarakter, ditambah dengan black piano lower grille. Khusus pada New Yaris TRD Sportivo, aura racing dan sporty diperkuat dengan red lining accent pada bumper spoiler dan sekaligus menjadi special signature pada grade teratas ini. New Yaris menggunakan velg 16” alloy dengan two-tone machining agar selaras dengan desain eksterior secara keseluruhan.
Pada bagian belakang, desain lampu yang berlapis dan tipis dengan alur horizontal memberikan efek lebar pada tampilan New Yaris. Desainnya dibuat seolah menyatu dengan pintu belakang. Kesan sporty terlihat kian menonjol pada New Yaris TRD Sportivo karena kini dilengkapi dengan rear-roof spoiler dan diffuser dengan desain bernuansa racing.

Perubahan besar juga dilakukan pada bagian interior yang hadir dengan complete features, antara lain pada dashboard yang dirancang lebih menarik dan menciptakan kesan lebih lapang. Bagian tengah menonjol kedepan dengan desain lebih menantang seperti gelombang selancar (surf wave). Penggunaan warna silver pada beberapa ornamen interior menjadikan suasana kabin New Yaris terasa lebih modern, seperti pada konsol bagian depan, speaker, register knob, dan pengatur AC. New Yaris didukung pula oleh Entertainment System membuat penumpang terhibur sepanjang perjalanan.

PERFORMA
New Yaris TRD menggunakan mesin 2NR-FE berkapasitas 1.500 cc DOHC. Mesin yang dilengkapi teknologi Dual VVT-i mampu menghasilkan tenaga 102 PS pada 6.000 rpm dan torsi 14,3 kgm pada 4.200 rpm. Transmisi yang dipergunakan CVT 7 percepatan.
Di jalan yang memungkin MM langsung menekan habis pedal gas. MM merasakan akselerasi yang cepat dan perpindahan gigi transmisi tidak terasa. Tak terasa kecepatan sudah menyentuh angka 140 km/jam, di kecepatan ini MM masih merasakan kontrol kemudi masih baik, hal ini disebabkan New Yaris selain menggunakan sistem roda rack and pinion dilengkapi pula dengan electric power steering.

MM juga melakukan pengujian stabilitas, walau pun sifat subyektif MM menilai suspensi New Yaris tergolong Medium Hard. Suspensi depan menggunakan MacPherson dan belakang menggunakan Torsion beam mampu menjaga mobil tetap stabil dalam kecepatan tinggi.
Untuk mengetahui kemampuan fitur mode sport, pengemudi harus mengaktifkan terlebih dahulu ke mode sport. Setelah sport mode aktif, MM langsung melakukan kick down. Pada mode sport MM merasakan akselerasi yang sangat cepat dan tenaga yang lebih besar atau terasa Power Full.


Pengemudi juga bisa merasakan sensasi mengemudi ala pembalab, karena sistem transmisi Yaris lengkapi pula dengan sistem perpindahan gigi manual dengan tongkat persneling atau bisa juga dengan sistem peddal shift . Penggunaan perpindahan gigi transmisis secara manual, tidak saja dapat merasakan senssai perpindahan gigi secara manual, tetapi pengemudi bisa dengan sesukanya bermain dengan akselerasi maupun putaran mesin, sehingga pengemudi bisa memaksimal tenaga mesin tersebut. Tersedia fitur peddal shift layaknya seperti mengendarai mobil sport sungguhan. Perlu diingat pula selain sport mode, New Yaris dilengkapi pula dengan ECO Mode, dimana pengemudi bisa berkendara secara efisien.(foto: Sasa/ Mampirrrr)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here