Oli Suzuki Ecstar Membuat Kerja Mesin Lebih optimal dan Dapat Memperpanjang Usia Mesin

0
279

otomampir.com – Oli mesin sangat dibutuhkan untuk melumasi komponen mesin agar  dapat bekerja secara optimal. Salah satu alat transfomasi yang banyak dipergunakan masyarakat di Indonesia adalah sepeda motor. Rutinitas sehari-hari penggunaan sepeda motor  memerlukan perhatian dan perawatan, terutama pada bagian mesin agar kinerjanya tetap optimal dan bebas gangguan. Itu sebabnya pemilik sepeda motor harus memahami fungsi dari oli mesin. Beberapa fungsi   oli mesin  yang dapat menunjang kinerja sepeda motor: Melumasi Komponen Mesin : Oli mesin berguna untuk melumasi komponen mesin, meminimalkan gesekan, dan memperlancar kerja mesin, sehingga kerja mesin bisa optimal. Semakin lancar gerak komponen mesin, maka semakin cepat pula langkah kerja mesin untuk menghasilkan tenaga dan torsi.

Oleh sebab itu pemilik  sepeda motor perlu menggunakan oli dengan kualitas terbaik pada mesin motornya dan sesuai untuk jenis mesin agar fungsinya sebagai pelumas dapat bekerja dengan optimal. Sehingga mesin berjalan mulus, bebas gangguan dan hal yang tak kalah penting oli akan melindungi komponen mesin.

Melapisi Permukaan Komponen Mesin : Oli memiliki peranan penting untuk melapisi permukaan komponen mesin. Oli akan membentuk lapisan film di setiap permukaan komponen mesin, sehingga komponen mesin tidak mudah aus karena mencegah kontak langsung antar komponen.

Mendinginkan Komponen Mesin : Oli mesin berfungsi sebagai pendingin agar komponen yang bergerak tetap berada pada suhu yang stabil. Komponen yang saling bergesekan dapat membuat suhu mesin menjadi panas, namun dengan adanya oli mesin yang mengalir pada komponen dapat mengurangi gesekan yang terjadi, sehingga komponen tetap berada disuhu normal.

Membersihkan Komponen: Gesekan yang terjadi antar permukaan komponen bisa menyebabkan terjadinya kotoran. Dengan adanya oli yang bersikulasi maka kotoran tersebuat akan dialirkan oleh oli ke filter oli. Kondisi ini akan membuat bagian dalam mesin tetap bersih karena tidak ada lagi kotoran yang menempel maupun menggumpal.

Menghaluskan Suara Mesin : Oli mesin memiliki fungsi meredam suara yang ditimbulkan akibat interaksi maupun gesekan antar komponen mesin sehingga suara mesin menjadi lebih halus. Namun tetap harus memperhatikan viskositas yang sesuai standardisasi mesin.

Melindungi dari Korosi : Oli berguna memberikan lapisan menyeluruh di tiap komponen. Komponen mesin yang terbuat dari logam sangat rentan terkena proses elektrokimia atau karat yang terbentuk akibat tercampurnya hidrogen, oksigen dan atom di besi. Karena itu oli memiliki fungsi melindungi setiap komponen dari karat yang menyebabkan korosi. Hal ini yang membuat oli berubah warna menjadi gelap yang menandakan bahwa oli telah berhasil mengangkat kotoran dalam mesin. Untuk memenuhi kebutuhan oli di masyarakat atau pengguna kendaraan bermotor, utamannya sepeda motor, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS)  menghadirkan oli dengan merek global Suzuki ECSTAR sebagai oli mesin terpercaya untuk kendaraan Suzuki dengan standar internasional. Suzuki ECSTAR pun hadir dengan beragam pilihan jenis dan tipe yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan mesin kendaraan.

Sebelumnya Suzuki Ecstar sendiri sudah hadir dengan beragam tipe yaitu Engine Oil dengan tipe 0W-20 SN, 5W-30 SN/GF-5, 5W-30 SL dan 10W-40 SL untuk Gasoline Engine Oil. Sedangkan Ecstar untuk Gear Oil  hadir dengan tipe 75W-80 API GL-4, 75W-90 API GL-4, dan 80W-90 API GL-5. Selain itu, Ecstar juga memiliki jenis oli dan chemical  lain, seperti ECSTAR ATF AW-1 dan ECSTAR ATF 3317 untuk ATF Fluid, serta Brake Fluid DOT3, Brake Fluid DOT4,  Throttle Body & Intake Cleaner, Brake Cleaner dan ECSTAR Long Life Coolant 50/50 Pre Mixed untuk pemeliharaan kendaraan.

Setelah tahun lalu memasarkan produk pelumas dan chemical ECSTAR khusus untuk mobil, kini PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) melengkapi varian ECSTAR untuk sepeda motor dan mesin tempel kapal (Outboard Motor atau OBM) Suzuki. Rangkaian pelumas dan chemical untuk sepeda motor dan OBM tersebut saat ini sudah bisa dapatkan di pasaran.

Produk pelumas dan chemical ECSTAR untuk sepeda motor dan OBM ini mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar, menjaga kestabilan suhu mesin, menjaga oli tetap bersih, meningkatkan performa dan memperpanjang usia mesin. Untuk sepeda motor sendiri, terdapat 4 varian pelumas yang bisa dipilih sesuai kebutuhan: Pertama, 10W-40 SL MA yang berteknologi full syntethic sehingga memberikan pelumasan luar biasa bahkan dalam kondisi berkendara yang buruk.

Kedua, 10W-40 SL MA untuk transmisi manual dan berteknologi semi synthetic sehingga mampu memberikan perlindungan lebih untuk mesin dan transmisi berperforma tinggi.

Ketiga, 10W-40 SL MB untuk sepeda motor transmisi otomatis (CVT).

Keempat, 20W-50 SG MA dengan teknologi mineral yang memberikan perlindungan mesin secara optimal dengan biaya lebih terjangkau. mampirr

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here