Mitsubishi FUSO Mendorong Lokalisasi Komponen, Rencana Ekspor dan eCanter Akan Dijual Secara Massal.

0
51

otomampir.com – PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi kendaraan niaga dari Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC), akan terus mendorang lokalisasi komponen, agar supaya bisa berkontirbusi kuat pada industri dalam negeri. Sebagai market Leader tentunya Fuso terus berupayakan akan lokalisasi Komponen menjadi prioritas agar kebutukan komponen dalam ngeri bisa mencakup semua area dan mudah didapat oleh konsumen di Indonesia. Duljatmono, Marketing Director PT KTB mengungkapkan : “kalau menyangkut lokalisasi dan juga ekspor memang kita fokusnya pada adalah lokalisasi. Dari dulu sebagai market leader lokalisasi sangat penting. Di era euro 4 terus lakukan lokalisasi. Saat ini lokalisasi yang dilakukan euro 4 dan sebenarnya sudah pada  euro 2. Di euro 4 Fuso sudah lanjutkan. Lokalisasinya terus kita tambah secara bertahap.Untuk kelas canter sudah 30 persen lebih dan bergerak ke arah 40 persen dan dikembangkan etrus scara bertahap, itu komitmen kami (KTB)”. Duljatmono menambahakan ;  “dikelas MDT, fighter kami juga sama saat ini lokalisasi atau local content sudah mendekati 25% dan ini jadi keinginan kami untuk memperkuat local content nya supaya bisa berkontirbusi kuat pada industri dalam negeri. KTB juga terus berupaya untuk melakukan ekspornya. KTB sendiri sudah mampunyai rencana kedepan nya untuk ekspor produksinya. Namun langka untuk melakukan ekspor tidak bisa lepas dari principal Fuso yaitu MFTBC (Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation). Tetapi KTB terus melakukan koordinasi untuk dapat mengembangkan potensi global ekspor, tentunya  akan tetap berkoridinasi dengan MFTBC sehingga KTB bisa berkontribusi pada bangsa Inonesia.

Tidak lepas dari pengurangan emisi secara global, Mitsubishi Fuso memperkenalkan  eCanter, yang menjadi pelopor untuk mencapai misi “karbon netral”. eCanter adalah kendaraan komersial listrik pertama yang diproduksi secara massal di Jepang. Mitsubishi FUSO membawa eCanter ke Indonesia untuk menunjukkan bahwa eCanter siap secara teknis. Ini bukan prototipe lagi, tetapi telah digunakan dalam operasional sehari-hari khususnya di sektor logistik. Mitsubishi FUSO baru saja memulai dan sedang melakukan Uji Coba Unit dengan mitra kami di Bali.

Untuk dapat mencoba kecanggihan teknologi eCanter, silahkan datang ke area test ride di hall 10 GIIAS 2022. Pengunjung dapat merasakan kehalusan berkendara dengan teknologi canggihnya. Nobukazu Tanaka, President Director PT KTB ”mengatakan t kami bawa ecanter di pameran ini, seperti yang kalian lihat MFTBC  sudah melakukan inisiasi produksi massal truk listrik di Jepang sejak 2017 dan  MFTBC  sudah punya pengalaman yang panjang mengenai truk listrik”. Apakah eCanter ini akan dijual di  Indoensia? Bayu Aprizal, General Manager Product menambahkan : “Mengenai e-canter kapan dijual prinsipnya kita sedang melalui proof of concept (POC), keputusan mengenai penjualan e canter kita masih pelajari. Jadi kami belum bisa memutuskan, tetapi pada intinya POC ini akan kami lakukan secara detail dan actual, sehingga diharapkan ada beberapa improvement yang bisa bekrontribusi pada pengembangan produk ke depan”. “Ini teknologi baru dan fasilitasnya harus memungkinkan, infratrusktur dan faliitas lain,. Untuk sekarang kami masih dalam proses poc study. Tapi diharpakan mungkin kalau semua ideal kita akan menuju kearah sana”. Lanjut Bayu Aprizal. Semoga…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here