Mengetes Sang Legendaris Carry Pikup

0
4593

otomampir.com – Siapa yang tidak mengenal  dengan Suzuki Carry pikup. Kendaraan komersial ini bisa dibilang sudah melegendaris di Indonesia. Pikup yang sudah muncul sejak tahun 1970-an, sudah teruji sangat tangguh dan efisien. Kini wajah Carry sudah berubah menjadi lebih keren, baknya lebih lebar dan performanya makin ok. Belum lama ini tepatnya tanggal 24 -25 Juni 2019 lalu, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengajak rekan-rekan media untuk melakukan Media Test Drive di Makassar.

Para media ditantang untuk menguji dan membuktikan keandalan performa New Carry pikup saat memasuki kawasan pertambangan pasir di Parangloe dan  menjelajah dataran tinggi Malino yang penuh dengan belokan tajam dan menanjak. Menariknya saat Test Drive bak Carry pikup ini dimuati barang dengan bobot kurang lebih 500kg, menjadikan pengujian makan seru. Melalui test drive ini para peserta diharapkan juga dapat lebih menghayati konsep ILMU: (I: Irit bensin dan perawatan, L: Lama umur pakainya, M: Muat banyak, U: Untung di ujung) yang menjadi jiwa dari New Carry pikup.

Pengujian di kawasan pertambangan pasir rakyat Parangloe, memiliki medan  yang bervariasi: berpasir, bebatuan campur tanah dan bergelombang. Kondisi ini  menjadi tantangan tersendiri untuk menguji performa mesin, suspensi serta ground clearance.  New Carry yang dilengkapi depan suspensi depan MacPherson Strut dan belakang  per daun (lead rigid axle)  mampu meredam guncangan yang terjadi saat memasuki tambang pasir Parangloe. Begitu pula dengan ground clearance yang cukup tinggi New Carry mampu melintas dengan mudah di jalan yang berlubang maupun bergelomang.

Ketangguhan New Carry pikup semakin teruji saat  menghadapi jalanan beraspal yang berliku-liku dan menanjak dari Parangloe menuju dataran tinggi Malino. Di kawasan ini tidak saja ketangguhan mesin New Carry diuji, tetapi sistem suspensi, kerja transmisi, dan stir (roda kemudi) ikut teruji.

Mesin tipe  K15B0C yang berbasis dari mesin Ertiga  berkapasitas 1.500cc 4 silinder DOHC 16 katup, mampu menghasilkan  bertenaga 97 PS pada 5.600 rpm dan torsi 135 Nm pada 4.400 rpm. Mesin  yang dilengkapi sistem pemasukan bahan bakar injeksi ini ternyata mampu memberikan dorongan  yang maksimal diberbagai kondisi di jalan ( baik menanjak maupun jalan lurus).

Kemampuan daya jelajah New Carry di kawasan Manilo, boleh diacungkan jempol, karena dengan beban yang dibawa hampir 500 kg, di posisi gigi 4, New Carry masih mampu menanjak dengan baik. Sekali pun tanjakan  yang cukup tinggi, saya tidak pernah memindahan gigi sampai turun ke gigi 2 atau pun 1, ini berarti racikan perbandingan gigi transmisi manual yang dimiliki New Carry sangat baik. ( perbandingan gigi 1: 3.580, gigi 2 : 2.095, gigi 3 : 1.53,1 gigi 4 : 1.000, gigi 5 : 0.855). Selain itu juga peletakan tongkat perseneling di dasbor sangat ergonomis, karena mudah dijangkau dan perpindahan gigi mantap. Rancikan perbandingan gigi transmisi yang baik, dipadukan dengan tenaga mesin yang pas, menghasilkan penggunaan bahan bakar yang efisien.

New Carry menggunakan  suspensi depan MacPherson dan belakang  jenis per daun tergolong baik sistem kerjanya, ini terbukti saat melintasi tikungan dengan sudut belok setengah lingkaran dan menannjak, New Carry tidak sendikitpun mengalami pergesar roda (slip), begitu pula pergerakan  stir atau koreksi stri tetap mantap, ini disebabkan sistem kemudi New Carry sudah dilengkapi Electric Power Steering (EPS), menjadikan pengemudi semakin nyaman mengandarai New Carry pikup.

 

Memasuki ruang kabin New Carry, pengemudi akan disambut dengan desain dasbor yang lebih modern, jok yang dapat disetel, head unit 1 Din yang dilengkapi dua speaker yang dipasang di doortrim kanan – kiri pintu. Untuk menambah kenyamanan berkendara New Carry dilengkapi juga dengan sistem pendingan ruangan (AC). Anda tertarik dengan pikup legendaris ini, Mampirrrrr lahhh….

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here