Kebijakan Biodiesel di Indonesia

0
798

otomampir.com – Diskusi  mengenai  kebijakan Biodiesel  yang dilakukan oleh Forwot, memberikan pencerahan  dalam hal mendalami  penggunaan Biodiesel di Indonesia. Kita ketahui bawah bahan utama pembuatan  Biodiesel  adalah dari minyak nabati yang bersumber dari berbagai jenis tumbuhan misalnya Jarak atau Kelapa Sawit.

Minyak kelapa sawit ini diperoleh dari proses ekstraksi dan menghasilkan  minyak kelapa sawit mentah (CPO).  Proses berkelanjutan akhirnya didapatkan Biodiesel,  merupakan satu-satunya sumber energi terbarukan yang dapat menghasilkan, atau mudah dikonversi menjadi bahan bakar (cair) / Bahan Bakar Nabati (BBN, biofuels). Pengembangan  dan pemanfaatan BBN adalah   keharusan, dan tak bisa dihindari. Keharusan dan sesuai dengan SK Dirjen Migas No.28.K /10 / DJM.T / 2016 dimana  Minyak Solar 48 dan  campuran Biodiesel 20% menjadi B20, yang sudah dipasarkan hingga kini.

Menanggapi penggunaan B20 pada kendaraan ternyata pihak Isuzu  Indonesia mengatakan bahwa  investigasi yang di lakukan Isuzu bawah  penggunaan B20, memang tidak mengalami kendala yang tidak signifikan.  Walau demikian pihak Isuzu mengakui bawah performanya mengalami sedikit penurun dari 2 sampai 2,5 %.

Info penting dari pihak Isuzu bahwa jika konsumen menggunakan B20 yang sangat perlu diperhatikan adalah pada filter bahan bakarnya. Dimana filter bekerja menjadi lebih berat untuk menyaring kotoran. Sifat dari B20  yang memiliki deterjen lebih kuat menjadikan endapan pada tangki BBM mudah terurai, kondisi inilah menjadikan filter bahan bakar bekerja lebih berat.

Untuk menghindari terjadi penyumbatan pada filter tersebut, maka filter bahan bakar yang menjadi bagian dari part pasmoving harus diganti sesuai ketentuan yang berlaku, dimana setiap menempuh jarak 10.000 km harus diganti dengan yang baru. Dalam kesempatan acara diskusi ini  PT Isuzu Astra Motor Indonesia mengatakan penggunaan B20  tidak mengugurkan warranty claim, sehingga konsumen tidak perlu takut karena Isuzu akan tetap memberikan pelayanan yang terbaik dan siap mendukung peraturan pemerintah dalam penggunaan B20.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here