FIRST DRIVE TOYOTA GRAND NEW AVANZA 1.3 AT

0
1445

otomampir.com – Di tengah persaingan yang semakin ketat di segmen Low MPV, PT Toyota Astra Motor melakukan penyegaran produk andalannya dengan meluncurkan Grand New Avanza. Penampilan yang lebih kokoh dan menawan menjadikan Grand New Avanza memiliki kepuasan lebih. Didukung teknologi mesin Dual VVT-i serta fitur keamanan terlengkap di kelasnya, Grand New Avanza tampil menjanjikan.

EKSTERIOR
Tampilan baru Toyota Grand New Avanza terlihat menonjol di bagian gril depannya. Nuansa krom mempercantik dan memberikan kesan lebih lebar. Bagian bawah bumpernya hadir dengan ornamen gril hitam yang menyatu dengan lampu kabut, membuatnya terkesan gagah dan kekar.
Bodinya juga terlihat kekar dan berotot berkat lampu depan dan lekukan di kedua sisinya. Tak terkecuali, bagian kap motor pun dibuat kokoh dengan dibuatkan pinggul di kedua sisinya. Bagian sisinya juga telah ditambahkan body moulding untuk mempertegas kesan MPV tangguh. Bagian belakangnya juga banyak perubahan, dengan desain lampu belakang yang khas yang membuat Grand New Avanza eksis di jalanan.

INTERIOR
Interior baru Grand New Avanza terlihat jelas melalui warna dasbor dan tombol pengaturan AC. Warna yang serasi dipergunakan mulai dari depan hingga belakang, membuatnya tampil mewah. Sesuai dengan fungsinya sebagai mobil keluarga, pintu tengah Grand New Avanza dibuat lebar sehingga memudahkan akses keluar masuk penumpang. jika membawa barang lebih banyak, jok baris ketiga bisa dilipat untuk menambah ruang bagasi lebih luas. Sistem pelipatannya pun mudah. Cukup dengan menekan tuas di bagian bawah jok. Maka ruang bagasi langsung bertambah.
Untuk faktor keselamatan semua penumpang Grand New Avanza mendapat perhatian, termasuk bayi. Selain  ISOFIX, semua jok dilengkapi  sabuk pengaman dan kantung udara untuk penumpang paling depan.

PERFORMA
Untuk membuktikan ketangguhan mobil ini, saya berkesempatan mencobanya di jalan bebas hambatan. Begitu kick down, akselerasinya, sangat cepat dengan perpindahan gigi yang minim hentakan. Untuk bisa merasakan keluaran tenaga dan torsinya, Grand New Avanza diarahkan memasuki kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat.
Mesin baru berteknologi Dual VVT-i dengan torsi 12,3 kgm pada putaran 4.600 rpm dan tenaga 96,5 PS pada putaran 6.000 rpm dengan mudah menaklukkan tanjakan dan tikungan di kawasan Puncak. Teknologi Dual VVT-i membuat mesinnya lebih bertenaga, efisien, dan tidak berisik.


Pengujian stabilitas sempat saya di jalan Tol. Dengan mempertahankan kecepatan pada 80 km/jam saya coba pindah jalur. Ternyata dengan penggunaan suspensi MacPherson Strut dengan per spiral di depan dan 4 Link Lateral Rod dengan per spiral di belakang menghasilkan kestabilan yang mumpuni.
Tidak cukup rasanya bila sebuah MPV dengan ground clearance 200 mm ini tidak dicoba di jalan tanah dan berbatu. Dengan kecepatan 60 km/jam, mencoba melaju di jalan tanah dan berbatu. Hasilnya bagian kolong mobil tidak sedikitpun mengalami benturan dengan permukaan jalan. Aman brooo….


Lebih ekstrem lagi, Saya bawa Grand New Avanza memasuki kawasan pegunungan dengan kemiringan jalan 40 derajat dengan permukaan tanah berbatu. Grand New Avanza berpenggerak roda belakang ini ternyata mampu melintasi medan berat dengan mudah. Avanza dengan sistem penggerak roda belakang juga membuat gejala roda berputar (slip) bisa diminimalkan, khususnya saat melaju di tanjakan dengan mengangkut banyak penumpang. Anda tertarikkk silakan mampirrrrrrr (ft:Deny/Arm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here