50 Tahun KTB, Dari mesin Konvensional hingga kendaraan Listrik yang ramah lingkungan

0
2285

otomampir.com – Kehadiran Mitsubishi Truk merupakan perjalanan panjang yang membumi di Indonesia. Truk berlogo tiga belian ini sudah ada di Indonesia sejak tahun 1970, di bawah naungan badan usaha PT New Marwa. Perjalanan binis ini diawali dengan diperkenalkannya Mitsubishi Colt Diesel T100. Berlanjut pada 1972 memperkenal dan menjual Colst Diesel T200. Pergeseran kepemilikan dan sebagainya,  akhirnya pada tahun1973, badan usaha  tersebut  berganti nama menjadi PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB).Kebutuhan akan alat transfotasi niaga di Indoenesia,  mulai dari kebutuhan pertambangan, perkebunan, hingga perdagangan retail, akhirnya KTB memperkenalkan  Mitsubishi Fuso pada tahun 1975. Efisiensi penggunaan BBM dan ketangguhan  mesin Diesel nya yang memiliki daya angkut yang baik, menjadikan Fuso tersebut disukai konsumennya. Kehadiran Fuso di tahun itu merupakan generasi ke tiga Canter dari Mitsubishi Fuso.Fuso yang identik dengan kepala kuning diawali dengan hadirnya Colt Diesel FE 101 dan FE111 di tahun1979. Truk ini menggunakan mesin tipe 4D-3014 OHV berkapasitas 3.298cc bertenaga 90PS dengan trasnmisi manual 5 percepatan. Akhirnya kepala kuning ini suskes dipasaran. Mitsubishi Fuso mampu bertahan selama beberapa dekade. Kepala kuning (Colt Diesel) dan kepala oranye (Fuso) terus eksis hingga memasuki milenium ketiga. Dan..pada 2007, Mitsubishi Fuso memasuki era standar emisi Euro II yang berlaku di Indonesia.

Memasuki  tahun2009 –  2016 KTB memiliki truk yang lengkap dengan hadirnya FE304, FE334, FE 347, FE349, FE119, FE447 dan FE449. Kebutuhan akan  transfotsi niaga yang terus meningkat, hingga saat ini KTB masih menjual  tipe FE71, FE73, FE74, FE83, FE84, FE8HD serta FE8HDX.wikipedia.org

Memasuki usia ke 50 tahun atau setengah abad keberadaan Mitsubishi di Indoensia, KTB terus berinovasi dalam pengadaan  kendaraan Niaganya,  serta mendukung sepenuhnya pembangunan di Indonesia dengan meluncurkan produk-produk terbaiknya. Selain itu juga dalam mendukung program pemerintah mengenai kendaraan listrik, KTB memperkenalkan Fuso eCanter. Truk100% bertanaga listrik ini, sangat ramah lingkungan karena tidak menghasilkan gas buang (polusi), senyap (tidak bising) dan rendah getaran.Ini adalah salah satu inovasi dari Mitsubishi sebagai perusahaan terdepan dalam teknologi kendaraan niaga peduli lingkungan. Bravo Fusooo.. Mampirrr….

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here